Rabu, 01 Desember 2010

HARI KEBERSAMAAN!!!!!, BERSAMA KITA BISA !!!!




“Kebersamaan”  Sebuah kata yang mengandung arti : bersama – sama melakukan sesuatu dan bersama – sama menerima sesuatu atau bahkan bersama – sama dalam menanggung resiko penderitaan dan pengorbanan  apapun  untuk mencapai  tujuan yang dicita – citakan.  


Kebersamaan,  itulah yang coba diwujudkan oleh para pelaku Program Nasional  Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan (PNPM- MP) se- kecamatan Jalancagak Kabupaten Subang    melalui Program penanggulangan kemiskinan di singkat Pronangkis yang di susun bersama – sama oleh masyarakat di masing – masing Desa/ Kelurahan.  Dan dalam rangka mensosialisasikan  betapa ampuhnya kata  kebersamaan  dalam memacu tingkat partisipasi masyarakat untuk penanggulangan kemiskinan di desa – desa yang ada di kecamatan Jalancagak Forum Badan Keswadyaan Masyarakat Se- kecamatan Jalancagak berinisiatif menggelar acara “ Gebyar Sosial PNPM Mandiri Perkotaan pada hari kamis (11/11/10)  di Alun – alun Kecamatan Jalancagak.

“Ada beberapa alasan mengapa kegiatan Gebyar Sosial ini perlu dilaksanakan. Pertama, kami Forum BKM Se Jalancagak yang beranggotakan BKM Amanah Desa Bunihayu, Mandiri Desa Curugrendeng, Miftahussa’adah Desa Jalancagak, Tambakan Calakan, Mekar Mandiri Desa Tambakmekar, Pagar Bangsa Desa Kumpay, Cempaka Sari Desa Sarireja bersepakat untuk mensosialisasikan  kepada seluruh masyarakat kecamatan Jalancagak bahwa, hanya dengan kebersamaan kita semua dapat menyelesaikan persoalan kemiskinan yang ada di Desa – desa se Jalancagak. Hal ini sudah di buktikan oleh kami para relawan masyarakat” . kata Wahyudin selaku ketua pelaksana gebyar sosial. 

Masih menurut wahyudin, “kedua, bahwa kemiskinan tidak bisa diselesaikan secara parsial per desa. Oleh karena itu di perlukan upaya terpadu di tingkat kecamatan untuk mengkoordinasikan upaya – upaya masyarakat di tiap desa menjadi agenda penanggulangan kemiskinan tk kecamatan secara bersama – bersama.  Sehingga kegiatan ini perlu dilaksanakan agar semua masyarakat di kecamatan Jalancagak mau dan peduli untuk bersama -  sama menanggulangi kemiskinan di lingkungannya”.
Sementara itu sekretaris Forum BKM se kecamatan Jalancagak Yayan  A. Rubini mengatakan, “kami atas nama relawan PNPM Mandiri Perkotaan mengajak kepada seluruh masyarakat Se Kecamatan Jalancagak agar kebersamaan ini bisa terjaga sampai cita – cita penanggulangan kemiskinan di kecamatan jalancagak bisa tercapai.”

Melalui kegiatan Gebyar sosial ini forum BKM se Kecamatan Jalancagak bersama  Wakil Bupati Kabupaten Subang yang juga ketua TKPKD Kabuaten Subang mendeklarasikan Kebersamaan dalam melaksanakan Pronangkis. Deklarasi tersebut juga di tanda tangani oleh  camat Jalancagak Drs.Nana  Mulyana Msi, kepala dinas Tarkimsih Drs. H. Rahmat Faturrahman, Msi. Masih di pelaksanaan kegiatan gebyar sosial juga di dikukuhkan  bahwa tanggal 11/11/10 sebagai hari kebersamaan masyarakat  kecamatan jalancagak.

Sebagai wujud kebersamaan masyarakat se kecamatan Jalancagak forum BKM juga menggelar berbagai acara sosial diantaranya: sunatan massal untuk 30 anak, nikah massal dikuti oleh 18 orang, santunan anak yatim sebanyak 60 orang, juga ada bazzar produk – produk indusrtri rumah tangga binaan para pelaku PNPM MP. Ungkap Yayan. 




Camat Jalancagak Drs. Nana Mulyana mengatakan dalam sambutannya, “ Kemiskinan  dapat di tanggulangi apabila masyarakat aktif bersama – sama membangun daerahnya masing – masing”.

Sementara wakil Bupati Ojang Sahandi diakhir sambutannya menambahkan, “semoga dengan di kukuhkannya hari kebersamaan, bisa memberikan rangsangan yang dapat mendorong masyarakat  berpartisipasi aktif dalam upaya penanggulangan kemiskinan di lingkungannya”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar